Strategi Pemenangan Jokowi-JK, Ini Bocorannya

»,,,,, || Leave a comments

Strategi Pemenangan Jokowi-JK, Ini Bocorannya

Strategi pemenangan Joko Widodo-Jusuf Kalla pada Pemilu Presiden 2014 sedikit demi sedikit terungkap. Pada prinsipnya, tim pemenangan gabungan akan memaksimalkan semua sumber daya dan potensi untuk menggalang dukungan serta memantau pemungutan suara.

Anggota tim pengarah pemenangan Jokowi-JK, Puan Maharani, mengatakan, semua partai pendukung akan bersinergi untuk mengupayakan kemenangan pada pemilu presiden. Sinergi itu dilakukan dengan menunjuk koordinator wilayah sesuai dengan peta kekuatan yang dimiliki lima partai pendukung.

"Kami elaborasi semua kekuatan, dan semua wilayah akan bergotong royong," kata Puan, Senin (26/5/2014) di Senayan, Jakarta. Dia melanjutkan, tim pemenangan nasional juga akan mendayagunakan semua kepala daerah di seluruh Indonesia, yang berasal dari partai pendukung.

Posisi kepala daerah itu, kata Puan, sebagai komando tim pemenangan bersama ketua partai di tingkat provinsi atau kabupaten/kota. "Kami punya 41 persen dari jumlah total (kepala daerah), atau sekitar 170 kepala daerah," ujarnya.

Relawan dan zona kampanye

Secara terpisah, ketua tim pemenangan Jokowi-JK, Tjahjo Kumolo, mengatakan bahwa koalisinya akan mendata semua basis relawan di Indonesia. Pendataan dilakukan agar pergerakan relawan dapat sejalan dengan strategi yang diterapkan tim pemenangan nasional.

Selain itu, imbuh Tjahjo, koalisi yang dimotori partainya ini juga bakal membagi zona kampanye dan para tokohnya. Para petinggi partai di wilayah masing-masing menjadi motor kampanye, sementara pasangan Jokowi dan Jusuf Kalla akan berbagi zona kampanye. "Jokowi akan fokus di Jawa dan Sumatera, sedangkan Pak JK kampanye di Indonesia Timur," sebut dia.

Sementara itu, menurut anggota koordinator relawan tim pemenangan Jokowi-JK, Eva Kusuma Sundari, saat ini terdapat sekitar 25 organisasi relawan yang terdaftar. Semua organisasi relawan itu dimotori oleh simpatisan PDI-P dan berasal dari seluruh Indonesia. "Juga ada public figure, termasuk artis, di sana," imbuh dia.

Eva menuturkan, jumlah organisasi relawan itu terus bertambah, seiring masuknya Partai Nasdem, PKB, Partai Hanura, dan PKPI sebagai partai pendukung. Partai Nasdem, sebut anggota Komisi III DPR ini, akan membawa sedikitnya tiga organisasi relawan.

Menurut Eva, Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri telah meminta semua mesin partai dan relawan fokus memenangkan pemilu presiden dengan beberapa provinsi menjadi prioritas utama. Provinsi-provinsi tersebut adalah adalah semua provinsi di Pulau Jawa, Bali, Kalimantan Timur, Lampung, Sumatera Utara, dan Nanggroe Aceh Darussalam.

Door to door

Dalam sebuah kesempatan, Jokowi sempat menyatakan akan menggerakkan relawan untuk mengampanyekan dirinya dari pintu ke pintu atau secara door to door, dimulai dari tingkat RT/RW. Strategi itu dilakukan untuk memangkas keterbatasan, mengoptimalkan sumber daya, dan mengefektifkan penggalangan dukungan.

Menurut Jokowi, cara ini akan lebih ampuh ketimbang hanya rapat mengatur strategi pemenangan atau menyewa stadion untuk pengerahan massa. Pada bagian ini, Jokowi mengaku tak memiliki modal untuk melakukannya.

Jokowi juga meminta para relawan untuk siap siaga menjadi saksi di tiap tempat pemungutan suara (TPS) pada 9 Juli 2014. Ia menginstruksikan relawan untuk melihat data pada tiap kelurahan dan kecamatan secara rinci. "Jangan sampai ada kecurangan yang terjadi," tekan dia.

Pasangan Jokowi dan Kalla diusung oleh lima partai politik yang dimotori oleh PDI-P. Adapun empat partai lain pendukung pasangan ini adalah Partai Nasional Demokrat, Partai Kebangkitan Bangsa, Partai Hanura, serta Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia.
$[ 0 comments Untuk Artikel Strategi Pemenangan Jokowi-JK, Ini Bocorannya]$

Post a Comment

 
|January»|»February»|»March»|»April»|»May»|»June»|»July»|»August»|»September»|»October»|»November»|»December|